Monday, August 29, 2011

Peringatan International Environmental Day

Setiap tanggal 5 Juni, dunia memperingati Hari Lingkungan Hidup. Tema yang diangkat oleh lembaga World Environmental Day untuk tahun 2011 ini adalah Forest : Nature at Your Service. Dimana dalam tema ini, diharapkan masyarakat dunia dapat lebih merawat dan mengembangan hutan sebagai paru-paru dunia.

Minimnya kesadaran para generasi muda terhadap hal ini, menjadi dasar untuk Greenish mengadakan GROW (Greenvironmental Week 2011) dimana serangkaian acara diselenggarakan dengan tujuan memulihkan kesadaran lingkungan.

GROW yang diadakan pada tanggal 14 Juni 2011 itu bertepatan dengan kedatangan siswi - siswi St. Margaret School, Singapore. St. Margaret sendiri merupakan sekolah penerima Lotus Award atau dapat dikatakan sebagai sekolah adiwiyata di Singapore. Merupakan suatu kehormatan bagi Greenish untuk menemani para siswi St. Margaret dengan mengikuti acara Grow.

Acara ini dibuka dengan pembagian kelompok untuk memudahkan rute dan penerimaan materi lingkungan hidup. 

  1. Rute pertama dimulai dari Pos Daur Ulang Kertas yang dijaga oleh Machdi (X-3), di pos ini para siswi diberi penjelasan tentang daur ulang kertas serta dituntun dalam pembuatan kertas.
  2. Pos kedua, pos takakura oleh Bestari (XI-7), para siswi juga dijelaskan tentang asal muasal takukara dan bagaiman membuat takakura, sehingga mereka dapat menerapkannya. 
  3. Pos ketiga yang dijaga oleh Havid (XI-7) ini merupaka pos Urban Farming, dimana para siswi diajak menanam bibit sayur-mayur.

Acara ini kurang lebih seperti acara study banding antara St. Margaret dan SMA 5 Surabaya. Salah seorang guru St. Margaret mengaku
mereka tidak pernah melakukan hal-hal seperti ini di Singapore dan mereka merasa senang karena dapat menyerap materi-materi eco-friendly baru untuk diterapkan di sekolah mereka.

Dengan demikian, diharapkan penyelamatan lingkungan dapat dilakukan dimana saja.

Maaf terlambat posting
(Med)

No comments:

Post a Comment